Templat Desain HUT ke-75 RI untuk Media Sosial (Khusus Canva)

Daftar isi [Buka]
template canva desain Kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia

Tidak terasa hari bersejarah yang dirayakan setiap tahun, yaitu Hari Kemerdekaan Indonesia, akan diselenggarakan. HUT ke-75 RI terasa spesial karena baru kali ini pihak Pemerintah Indonesia membuat panduan lengkap jenama (branding), termasuk logo, supergraphic, warna, hingga aturan-aturan yang berkaitan erat dengan penggunaannya.

Apakah Anda sudah merencanakan konten yang akan di-upload ke medsos pribadi atau perusahaan? Jika belum, yuk siapkan dari sekarang.

Proses pembuatan templat

Sebagai praktisi pemasaran digital, saya menyadari bahwa banyak orang yang ingin tetap berpartisipasi memposting tema 17-an di media sosial mereka.

Namun, tidak semua orang terutama UKM dan UMKM memiliki sumber daya untuk mendesain pakai perangkat lunak seperti Adobe Illustrator dan Photoshop. Selain itu, keterbatasan waktu mungkin jadi alasan mereka belum menyiapkan konten yang bakal diunggah menjelang 17 Agustus 2020 nanti.

Sehingga saya berinisiatif membuat template desain "Dirgahayu 75 RI" di Canvasebuah platform desain yang sangat populer. Platform ini selain bisa diakses secara daring (online), juga mudah digunakan bahkan oleh pemula sekali pun.

design anything using Canva

Template ini tentu saja saya buat dengan sepenuh hati dan mengikuti panduan yang disusun oleh tim Setneg. Baik itu ukuran resolusi, pewarnaan, dan pemilihan tata letak tentu berlandaskan kaidah yang sudah dibuat.

Pilihan template HUT ke-75 RI

Pilihan Template Canva Medsos Dirgahayu RI ke-75

Terdapat tiga desain templat yang telah saya buat, yaitu:

  • 24 templat beresolusi 1:1 tepatnya 1080 x 1080 piksel. Cocok untuk feed post Instagram dan Facebook
  • 6 templat beresolusi 9:16 tepatnya 1080 x 1920 piksel. Cocok untuk Instagram, Facebook, dan WhatsApp Stories
  • 8 templat beresolusi 2:1 tepatnya 1024 x 512 piksel. Cocok untuk Twitter atau postingan blog

Cara mengakses templat

» Pertama, buatlah akun di Canva

Saya lebih menyarankan Anda mendaftar akun premium Canva.

Design on Canva Button Large Size

Karena apa? Fitur-fiturnya lebih lengkap dan tersedia stock foto dan video yang berlimpah

Jangan khawatir, ada pilihan free trial 30 hari yang bisa Anda akses menggunakan kartu kredit atau Paypal.

Setelah akun Anda selesai didaftarkan, segera verifikasi kemudian login.

» Kedua, buka templat desain yang sudah saya buat

Pilih dari tiga template yang telah saya buat: Instagram (persegi), Stories video (potrait), Twitter (landscape).

» Ketiga, edit sesuai kebutuhan

Ikuti petunjuk cara memakai template ini di poin selanjutnya.

Cara pakai template di Canva

1. Pilih desain yang Anda inginkan

Sudah paham kebutuhan desain Anda? Apakah Anda mau mempostingnya di satu, dua, atau empat platform sekaligus?

kumpulan desain media sosial Instagram Dirgahayu RI 75 Kemerdekaan Indonesia

Secara umum, saya mengelompokkan tema desainnya menjadi:

  1. foto profil, Anda cukup menghapus foto Bung Karno yang ada di layer kemudian ganti dengan foto Anda sendiri.
  2. warna solid merah-putih
  3. background foto dengan overlay hitam tingkat transparansi 20%
  4. background foto dengan overlay merah tingkat transparansi 60%.

Tentukan pilihan Anda sekarang, kemudian mari lanjut ke poin selanjutnya.

2. Edit layer

Di dalam template ini terdapat beberapa lapisan atau layer, yang apabila digeser akan mengubah tampilan desain bawaan.

Maka dari itu, Anda perlu memerhatikan dengan jeli dan jangan sampai salah menggeser elemen. Sebab tidak seperti Photoshop atau Illustrator, pengaturan posisi layer di Canva hanya menggunakan menu Position yang terlihat di ilustrasi di bawah ini.

layer  toolbar menu Canva

Jika masih bingung cara pakainya, ikuti panduan resmi dari web Canva Help Center ini.

Beberapa elemen layer sengaja saya kunci supaya posisinya tidak bergeser. Untuk memindahkan elemen yang Anda inginkan, silakan buka kuncinya. 🔓

Anda juga bisa menambah lapisan dengan memakai fitur Uploads, Photos, Text, Videos, Music, atau Videos.

3. Ganti gambar latar belakang

Selain desain berwarna solid merah atau putih, desain latar belakang juga dapat Anda utak-atik dengan gambar atau foto masing-masing.

Untuk mengganti gambarnya, langkahnya cukup mudah:

  • tarik dulu lapisan overlay berwarna hitam/merah.
  • hapus gambar yang ada.
  • kemudian ganti dengan gambar atau foto Anda sendiri, atau gunakan stok foto yang ada di galeri apabila Anda berlangganan Canva Pro.
  • terakhir, kembalikan posisi overlay menutupi area seluruh desain.

4. Unduh hasil desain

Desain Anda sudah selesai? Tunggu apa lagi? Segera download dan simpan di ponsel/komputer/laptop Anda.

Format yang saya sarankan adalah JPG untuk desain berlatar belakang foto, sementara PNG untuk desain berwarna solid atau gradient.

Beri apresiasi Anda atas karya saya

Template desain Dirgahayu 75 RI ini saya bagikan secara gratis, tanpa terkecuali. Dilarang keras menjual template ini ke pihak lain atas alasan apa pun.

Bagi Anda yang ingin mengapresiasi kerja keras saya berjam-jam saat membuatnya, silakan mentraktir saya melalui Trakteer atau Saweria mulai dari Rp10.000. Atau Anda juga bisa berlangganan tier mula-mula di Karyakarsa.

Donasi traktiran Anda akan saya gunakan untuk membuat karya-karya selanjutnya.

saweria yusabdul sawer traktir kreator

Selamat berkreasi! 😊

Pembaruan template

Karena sudah melewati 30 hari sejak saya berikan akses gratis, template ini saya kunci. Bagi teman-teman yang masih ingin menggunakannya, silakan hubungi saya melalui halaman kontak.